Meriahkan HPN Ke-78, KOPI Buol Gelar Berbagai Lomba Untuk Masyarakat Umum

Poster promosi kegiatan peringatan HPN Buol 2024 yang diselenggarakan oleh jaringan media Komunitas Pers Independen Buol (KOPI Buol) - Gambar: Panitia Pelaksana

Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-78 pada 9 Februari 2024 mendatang, Komunitas Pers Independen Buol (KOPI Buol) di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, menggelar berbagai kegiatan mulai dari lomba yang dibuka untuk umum hingga seminar dan workshop jurnalistik.

Sebagai agenda awal, KOPI Buol yang terdiri dari gabungan berbagai media dan insan pers di Kabupaten Buol ini membuka pendaftaran sejak 10 Januari 2024 sampai dengan 25 Januari 2024 untuk 3 (tiga) jenis lomba, ketiganya yaitu Lomba Presenter Berita, Lomba Penulisan Artikel Berita dan Lomba Stand Up Comedy.

Untuk kompetisi bertemakan jurnalistik yaitu Lomba Presenter dan Lomba Penulisan Artikel, pendaftaran dibuka untuk kategori siswa, mahasiswa, umum dan jurnalis. Topik peliputan dan isi berita pada kedua lomba ini telah di tentukan oleh panitia dan harus berkaitan dengan berbagai persoalan lokal yang ada di Kabupaten Buol.

Sedangkan untuk Lomba Stand Up Comedy, tema yang ditentukan oleh panitia yaitu terbatas tentang Politik dan Pemerintahan, pemenang lomba ini nantinya akan tampil dalam acara puncak di hadapan para undangan yang antara lain terdiri pejabat daerah dan penyelenggara pemilu.

Dalam keterangan persnya (08/01), Ruslan Panigoro Ketua Panitia HPN Buol 2024 mengungkapkan, sebagai kegiatan utama nanti, pihaknya untuk pertama kalinya di Kabupaten Buol akan mengadakan Seminar dan Workshop Jurnalistik dengan mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Daerah, Menuju Buol Maju dan Kondusif”.

“Seminar dan Workshop ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari dimulai pada Selasa 6 Februari 2024, acara akan diisi oleh para pemateri berkompeten, antara lain Jurnalis Profesional kemudian Eks Jurnalis yang saat ini menjadi Pejabat Negara serta perwakilan dari KPU dan Bawaslu,” terang Pemimpin Redaksi Suara Utara ini.

“Pasca kegiatan utama, KOPI Buol akan mengirimkan delegasi untuk menghadiri resepsi peringatan HPN Ke-78 di Jakarta pada 10 Februari 2024 mendatang, sekembalinya nanti di daerah, panitia akan melanjutkan rangkaian kegiatan penutup berupa agenda Anjangsana dan Bakti Sosial pada 16 hingga 17 Februari 2024,” sambung Ruslan dengan antusias.

Lebih lanjut, wartawan senior yang juga menjabat sebagai sekretaris Ansor Kabupaten Buol ini berharap Masyarakat Kabupaten Buol khususnya para anak muda dapat ikut berpartisipasi dan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenal lebih dekat dunia jurnalistik.

Untuk pendaftaran, selain dapat mengunjungi booth registrasi secara langsung, peserta juga dapat melakukan registrasi dengan mendownload formulir secara online melalui link bit.ly/FormHPNBuol2024, Panitia juga membuka layanan informasi via aplikasi WhatsApp di nomor 085179644223 dan 082211476856.

“Pendaftaran telah resmi dibuka, peserta dapat mendaftar secara online atau mengunjungi booth pendaftaran langsung di beberapa lokasi termasuk sekretariat panitia,” tutup Ruslan.

Lebih baru Lebih lama