3.213 Calon KPPS di Buol Dinyatakan Lulus Seleksi

Penempelan pengumuman KPPS yang telah lulus seleksi (Sumber: KPU Buol)

JURNAL NUSANTARA - Setelah melalui tahapan seleksi secara serentak, hasil seleksi calon KPPS se-Kabupaten Buol resmi diumumkan KPU Buol.

KPU Kabupaten Buol melalui PPS mengumumkan hasil seleksi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dinyatakan lolos dan terpilih sebagai KPPS di desa masing-masing pada Jum’at (29/12/2023).

Sejumlah 3.213 anggota KPPS dari 459 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 11 Kecamatan, 7 Kelurahan dan 108 Desa dinyatakan lolos.

Sebagai informasi, jumlah KPPS yang terpilih di setiap TPS berjumlah 7 orang per TPS, yang tersebar disemua desa dan kelurahan se-kabupaten buol yang jumlah TPSnya menyesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada dimasing-masing desa.

Dalam wawancara kami melalui Via WhatsApp, Sabtu (30/12/2023) bersama Komisioner KPU Buol bidang Divisi Parmas, Humas, Sosdiklih dan SDM, Faisal J. Usman, SE menyatakan, setelah melalui beberapa tahapan hari ini PPS telah menyelesaikan proses seleksi anggota KPPS.

“Total yang dinyatakan lulus sebayak 3.213 anggota KPPS dari 459 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang dilakukan seleksi, tersebar di 11 Kecamatan, 7 Kelurahan dan 108 Desa,”tutur Faisal J. Usman via Whatsapp.

Adapun hasil pengumuman seleksi KPPS yang dinyatakan lulus sebagai KPPS dapat di lihat dikantor sekretariat PPS di masing-masing desa dan kelurahan yang telah di umumkan masing-masing PPS.

“Sehubungan dengan hal tersebut, calon Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk segera melakukan pengunggahan mandiri dokumen administrasi ke siakba.kpu.go.id dan melakukan skrining riwayat kesehatan.”tambah Faisal

Selanjutnya KPPS terpilih dapat melakukan konfirmasi kepada PPS Kelurahan di masing-masing desa dengan menghubungi Nomor yang tertera dalam pengumuman.

Di tempat berbeda, Ketua KPU Kabupat Buol, Nanang, SE, menyampaikan proses tahapan seleksi tersebut merupakan persiapan dalam menghadapi pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2024.

“Tahapan seleksi anggota KPPS merupakan salah satu tahapan untuk mempersiapkan ujung tombak pelaksanaan pemungutan suara di pemilu 2024. Kita semua berharap mereka yang terpilih menjadi kpps nantinya mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab sehingga pemilu di kabupaten Buol diharapkan dapat berjalan aman tentram damai dan demokratis,”tutupnya

Penulis : Syam Manto
Editor : Moh Riansyah

Lebih baru Lebih lama