Bawaslu Buol Buka Rekrutmen 459 Pengawas TPS Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Buol, Karianto S.Sos (Foto: Bawaslu Buol) 

Jurnal Nusantara, Selasa ( 02/01/2024 ) Bawaslu Buol, buka rekruitmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kab. Buol Karianto, S.Sos penyampaikan Pendaftaran dan penerimaan berkas dibuka mulai 2 hingga 6 Januari 2024. Pendaftaran di dilaksanakan di sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing Se kabupaten buol.

Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten buol sebanyak 459 TPS.

"Tahun ini, kita akan menerima pendaftaran untuk 459 pengawas TPS. yang tersebar di 11 Kecamatan", tuturnya Rabu (02/01/2024)

Ia juga mengatakan, untuk tenaga PTPS yang dibutuhkan atau akan direkrut setiap TPS satu orang untuk menjadi pengawas TPS Pemilu 2024.

"Pendaftaran dilaksanakan di sekretariat Sekretariat Panwaslu  masing-masing Kecamatan di Kabupaten Buol, dan kami selaku pimpinan Bawaslu Kab. Buol akan terus memastikan bahwa proses perekrutan yang di lakukan oleh Panwaslu kecamatan berjalan sesuai dengan aturan" ucap karianto.

Untuk pengumuman perpanjangan pendaftaran akan diumumkan oleh masing-masing panwaslu pada 7 Januari 2024, sementara pendaftaran di tahapan perpanjangan akan berlangsung pada 7 sd 8 Januari 2024.

Setelah itu, hasil seleksi administrasi diumumkan pada 10 Januari 2024, panwaslu kecamatan membuka tanggapan dan masukan masyarakat hingga 21 Januari 2024 bagi calon pengawas TPS.

Wawancara dengan calon pengawas TPS dilaksanakan pada 2-17 Januari 2024, penetapan dan pengumuman calon terpilih akan dilakukan pada 18-19 Januari 2024.

Di tempat terpisah Ketua Panwaslu Kec. Biau Moh.Rusli, S.Sos yang kami temui, Selasa (02/01/2024) menuturkan "Jumlah PTPS di Kec. Biau yang akan di rekrut merupakan PTPS Terbanyak dari semua kecamatan se-kabupaten buol yaitu sebanyak 83 PTPS yang tersebar di 7 Kelurahan, Hari ini adalah hari pertama di buka pendaftaran hampir semua pendaftar dari masing-masing kelurahan telah banyak yg menjemput formulir dan memasukan berkas dan bahkan kami telah wawancarai beberapa diantaranya, kami berharap masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri dan mencari informasi pendaftaran di Sekretariat dan media Sosial Panwaslu Kecamatan Biau"

Rusli yang juga berprofesi sebagai dosen salah satu perguruan tinggi di buol juga menambahkan, "untuk syarat pendaftaran diantaranya memiliki integritas, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, berusia minimal 21 tahun, berdomisili dilokasi pendaftaran sesuai kartu tanda penduduk, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, tidak terlibat dalam keanggotaan partai politik atau telah mengundurkan diri sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar, mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan atau di BUMN/BUMD pada saat mendaftar".

Adapun untuk kelengkapan berkas pendaftaran diantaranya surat lamaran yang ditujukan kepada panwaslu kecamatan biau, foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Pas Photo ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, foto copy ijazah pendidikan terakhir yang telah legalisir oleh pejabat yang berwenang atau menyerahkan fotocopy ijazah terakhir dengan memperlihatkan ijazah asli, melampirkan daftar riwayat hidup.

Jangan lewatkan kesempatan Perekrutan ini untuk ikut dalam menjaga demokrasi dengan berpartisipasi secara langsung dan menjadi bagian dari sejarah Pemilu 2024.

Penulis : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama